Magang Tak Semenyeramkan Itu (Magang lia sidik A. Branding & Design)

Februari 21, 2017
Setelah 20 tahun aku hidup di Jogja, sekarang sementara aku tinggal di ibukota Jawa Timur, Surabaya. Ngapain? To do what-so-called internship. Selama 3 bulan aku magang di daerah Manyar, belakang kampus UNTAG (Universitas 17 Agustus 1945) dari tanggal 1 Februari-29 April 2017.

Sekarang setelah kurleb 3 minggu aku magang, aku belajar banyak. Sangat banyak. Tentang handling klien, ngedit foto, membuat naskah copywriting dan beriklan di sosial media, cari bahan edit di internet... wow I never feel like this before.

Susah ya karena aku daridulu orang yang suka nunda-nunda kerjaan kalo pas kuliah, belum deadline aja belum dikerjain. Suka nelat ngumpul tugas lagi. Bahaya banget lah pokoknya -_-

Tebak aku yang mana hayoo

Di sini, aku belajar bahwa magang adalah tentang revisi dan acc kerjaan. Rasanya lega banget kalo kerjaan udah di acc abis banyak revisi, wah senengnya gak kira-kira. Belajar kerja cepat juga, karena tugas harus udah pada selesai dalam 1 hari, maksimal 2 hari. Susah banget karena aku suka mampir-mampir dan gak fokus kalo ngerjain sesuatu. Misalnya ngerjain artikel, aku suka mampir Instagraman, apa Youtube-an dulu. Padahal semua orang di sekitarku kerja hehehehe gabaik sih tapi ya gimana kebiasaan. Akhir-akhir ini sih dah lumayan berkurang, abisan dimarahi supervisor sebelah yang galaknya ampuuun. Tapi emang aku perlu digalakin, ketidakfokusanku itu bakal menyusahkan aku juga pada akhirnya -_-

Buatku, magang adalah tentang menempatkan idealisme pribadi pada tempatnya dan mendahulukan kebutuhan klien.

Magang adalah tentang mengalah. Mengalahkan keegoisan, karena apa yang dianggap bagus belum tentu sesuai sama keinginan supervisor dan klien.

Magang adalah tentang mau nerima kritik dan nggak gampang sakit hati kalo direvisi kerjaannya, karena semua adalah tentang profesionalitas. Gimana coba kalo aku orang sensitif yang dikritik dikit sakit hati? Ya nggak bakal bisa kerja, yakin. Karena atasan nggak akan kasihan dengan orang yang dikit-dikit sakit hati. 

Salah? Ya dibenerin. Ga ngerti? Nanya sampe ngerti. Hindari kerja dua kali, karena deadline cuma sekali. Sebagai desainer, penting buat terus menerus belajar. Itu pekerjaan seumur hidup coy. Orang yang merasa dirinya paling pinter adalah orang tua karena what keeps you young is learning. Orang yang terus belajar akan selamanya muda, entah berapapun usianya. 

Oh iya aku belum bilang ya magang dimana? Aku magang di lia sidik Assocciates Branding & Design, kantor Manyar Surabaya. Apaan tuh? Iya, ini adalah perusahaan advertising yang udah punya banyak portfolio keren. Kalo mau liat klien dan portfolionya, bisa cek langsung ke website liasidik.com.

Lebih kerennya, mereka buka lowongan magang itu setahun 3 kali. Februari-April, Mei-Juli, Agustus-Oktober (kalo nggak salah). Jadi mereka memang semacam mendidik generasi muda buat nyemplung ke dunia kerja. And surprisingly, magang tidak semenyeramkan yang aku kira.

Iya, magang tidak semenyeramkan itu. Orang-orang di sini baik-baik, dan walaupun secara organisasi mereka adalah atasan, tapi kami selalu dibilangin bahwa nggak ada atasan dan bawahan, adanya hanya tim. Kami kerja bareng di sini, kami berusaha mencapai suatu tujuan, makanya kami semua dianggap keluarga. Aku dan 10 orang lainnya yang juga magang.

Dulu aku mikir, magang bakal disuruh yang nggak-nggak, bikinin kopi, fotokopi2 mulu, disuruh-suruh gak jelas, dan ternyata itu semua cuma paranoidku karena gak ada sama sekali kerjaan ga jelas bahahaha salah besar ya aku.

Setiap sore, kami diwajibkan bikin Daily Report. Itu adalah laporan harian yang ngejelasin kami ngelakuin apa aja seharian, tugas apa yang di-brief, tugas apa yang selesai, apa yang belum. Jadi semua ketarget dan gak ada namanya luntang-lantung ga jelas gitu. Duh kerenlah pokoknya. Buat kalian yang domisili Surabaya atau pengen nyoba magang di sini, tempat ini super recommended. Apalagi kalian para desainer grafis, pasti bakal diasah kemampuannya tapi di bidang yang nyambung yaa.

Bidang yang nyambung itu gimana? Misalnya menulis, ngedit foto, video, digital imaging, menggambar, dsb. Tergantung divisinya juga sih. Karena aku divisi sosial media, kerjaanku ya buka-buka Instagram, Facebook, Twitter punya klien gitu. Eits jangan kira itu gampang, sebelumnya kami harus membuat konten apa yang mau disebarkan. Jadi inti kerjaannya adalah sebagai copywriter, content writer, social media strategist, designer, banyak deh. But seriously ini seru banget, karena I was made for social media meeeen. Kalo enjoy pasti asik.

Yah gitu deh semoga itu memberi kalian sedikit gambaran tentang magang dan berkarir di sosial media he hehe hehehehe

1 komentar:

  1. Keren Bu. Thank you kerja kerasnya selama 3 bulan. Ini Marsha hehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.