Traveling Sendirian dari Solo - Karimunjawa 4D 3N Part 2 [SOLO BACKPACKER]

Kembali lagi ke Karimunjawa yeay! Ini udah ketiga kalinya aku ke sini, nah untuk part 2 aku berangkat dari Solo. Jujur ya transportasi ke Jepara itu susah banget, harus pake travel atau kalo niat sih bawa motor sendiri selama 5-6 jam perjalanan😢 Sebenernya aku lebih suka naik bis, cuma kalo naik bis Semarang-Jepara selama 4 jam lagi haah no thanks. Naik kereta ribet juga turun stasiun pindah terminal cari travel dll. Paling praktis emang naik travel. Heran padahal Karimunjawa tuh hidden gemsnya Pulau Jawa terutama Jawa Tengah, kenapa transportnya susah banget, gak ada niatan Dishub buat bikin jalur bis langsung gitu hhhh biar murah ya khan. Tapi ngeliat terminal Jepara kicil banget rada-rada ga meyakinkan.....

Ini aku curi-curi waktu, pake bolos kuliah hehehehe daripada ga berangkat, mumpung ada kesempatan. Turns out it's the best decision ever karena sekarang lagi pandemi, all travel cancelled!

Pantai Batu Topeng, Karimunjawa (sebelah pantai Ujung Gelam)

Oke jadi buat travel, aku naik CELERON yang ada di daerah Manahan, Solo. Bisa juga pake yang di Terminal Tirtonadi, banyak pilihan travel di sana. Kalo Celeron ini melayani rute Purwodadi, Kudus, Jepara. Berangkat jam 21.00, perjalanan sekitar 5 jam. Oh ya buat tarifnya standar sekitar 130.000 yah, mungkin bisa lebih murah kalo berbanyak.

Oyaa di sini kita mampir dulu ke rest area warung makan di Purwodadi, buat yang mau makan atau ke toilet bisa banget. Tentu saja aku kan hobi pipis jadi aku seneng dong mampir gini wqwq.

Warung Laris Purwodadi

Mampirnya gak lama sih, mungkin cuma sekitar 15 menitan. Lanjut lagi perjalanan, rute selanjutnya turun pool dan aku turun Pelabuhan Kartini. Jam menunjukkan 02.00 hadeeeeh alamat tidur di kursi ruang tunggu nih. Eh ternyata aku ga bisa tidur, banyak nyamuk ganas dan kursinya keras hahahaahahaa yaudah deh nungguin sampe jam 5. 

Harga Tiket Kapal Express Bahari Jepara - Karimunjawa Oktober 2019

Harga Tiket Kapal Ferry Siginjai Jepara-Karimunjawa Oktober 2019

Jadwal Kapal Express Bahari 3F dan 6F
 Jepara - Karimunjawa Oktober 2019

Nah buat jadwal kapal ferry Siginjai ini bisa dilihat di Instagram ya buat updateannya, soalnya ngikutin ombak, kadang kalo ombak ganas gajadi melaut nih kapal. Instagramnya @asdpjepara tapi kok aku cek akunnya nggak ada apa dia ngambek :( Sebelnya nih, tiket kapal harus dibeli manual dan di pelabuhannya langsung, harus jam setengah 6 lagi belinya. Entah kenapa di zaman serba online gini masih jadul banget, ayo dong ASDP benerin sistem. Eiitsss tapi karena Corona juga nih semuanya jadi stop. Nah udah tuh pagi-pagi dateng, sarapan dulu baru naik kapal. Ada warung kecil di sebelah loket, makan sop hambar yang rasanya cuma ayam, bakmi, tomat & seledri dikasih air anget. Maap buk honest review nih😂😂

Seporsi 10.000. Aku tau ibunya males cari kembalian kannn

Day 1: Thursday, 14 November 2019

Okeeee another 5 hours guys, feels sooooo borrriiingggg. Tapi tenang aku dah bawa buku bacaan haha walaupun pada akhirnya tidur juga di kapal. Tempat paling enak di rooftop walaupun agak panas, bisa kena angin laut. Kali ini kapal ga terlalu rame, untung aku nyebrang hari Kamis, bukan weekend.

Dah tu sampailah di Pelabuhan Karimunjawa, langsung jalan kaki ke The Bodhi Tree Hostel. Deket sih 1 km cuma kalo matahari di atas kepala gini pusing juga y wqwq. Makan dulu di angkringan pinggir jalan, terus sampe hotel jam 13.00, langsung check in dan aku dapet kasur di atas lagi.



Oya buat makanan jangan takut harganya mahal, harganya 11 12 sama Solo kok, makan kenyang banget paling cuma 12 ribu udah sama es teh. Hari pertama, aku sampe hotel gabut doang ga ngapa-ngapain guyzzz. Abis itu kenalan sama turis lainnya, diajakin ke pantai Batu Topeng okedeeeh langsung gasss. Sorenya sewa motor setengah hari, bayar 50 rb per 6 jam. Bisa sewa di TBTH, kalo rental lain harus per 24 jam. 


Video lengkapnya bisa dilihat di IGTV aku @krimipasta 

Ini liburan chill aja sih, gak harus ke wisata tujuan tertentu. Flow with the water, kenalan-kenalan sama orang, iseng aja ngikut. Kami berenam, aku, Sagit, Danski, Kiara, Dominique, Kayla. Ketemu sama bule Inggris bertiga cowok semua, ada bola voli yauda main lempar-lemparan wkwkwkw ga ada yang bisa voli kecuali Dom sama 3 cowok itu 😂😂😂 Karimun tuh kecil banget gaes, chance ketemu orang ya itu ituuu aja. Ku tebak nanti juga ketemu sama 3 orang Inggris ini lagi.


Danski

Malemnya... ngapain ya lupa wkwk chilling di hotel aja sih, ngobrol sama orang-orang lain. Ada orang Prancis, pasangan gitu dari Montpellier terus aku minta diajarin ngobrol. Padahal aku diploma Bahasa Prancis. Aku merasa gagal hahahaha cuma bisa Bonjour Bonsoir doang.

Day 2: Friday, 15 Nov 2019

Paginya, kita ga kemana-mana, we're such a lazy ass. Sarapan dulu di Warung Bu Esther, sebelah lapangan Karimunjawa. Tanya orang aja pasti tau, di google map juga ada, legend kok. Harganya sih standar orang lokal ya, gak yang mahal banget. Aku makan itu sama es teh, 13 ribuan.

Rombongan bayi-bayi pada olahraga

Lapangan/alun-alun Karimunjawa

Menu lokal di Warung Ibu Esther

Selesai sarapan, aku sama Danski berdua ke hutan mangrove yang ada di Pulau Kemujan, bagian timur. Sewa motor lagi selama 6 jam, perjalanan sekitar 20 km yang memakan waktu sekitar setengah jam. Biaya tiket buat turis internasional mahal banget -_- Akhirnya aku suruh Danski ngaku orang Jakarta padahal dia orang Amerika hahahaahahaha orang Cina sih aslinya. Untung dia bisa bahasa Indo dikit-dikit jadi meyakinkan.

Perbedaannya gak masuk akal hih sebel banget

   
Mangrove Forest Karimunjawa

Kelilingin hutan mangrove (gak ada orang sama sekali) mungkin muter-muternya agak lumayan ya jaraknya. Begitu kami naik di atas rumah 3 tingkat itu ada kucing masa! Anak kucing warna loreng gitu sendirian di atas, dia kelaparan gak berani turun. Posisi kami gak bawa makanan, cuman biskuit. Eh dia doyan yaudah deh. Aku sempet tidur coba di atas saking panasnya wkwk pusinggg. Begitu dibawa turun, ternyata di bawah ada satu kucing lagi. I bet they're brothers.

   


Terpaksa deh kita tinggalin anak-anak kucing tadi di gerbang keluar hutan. HUHU maap ya ucing. Btw karena peristiwa ini, aku terinspirasi melihara anak kucing tersesat di kosku, namanya Loreng. Coraknya persis sama kayak mereka. I'll tell you on another post.

Lanjut deh kita keliling pantai di Pulau Kemujan. Aku pengen banget snorkeling di Pantai Pokemon lagi karena pengen nyebrang pulau!

Gambarnya temenku, Abdul Aziz @dullscurly
         
Pantai Barakuda, depan Royal Ocean View Resort, Pulau Kemujan

             

Btw kali ini aku gak bawa snorkel ya, bocoooor hahaha katanya Ugo kemurahan, harusnya beli yg di atas harga 200 ribuan dan bahannya silikon, bukan plastik kayak punyaku. Jadi aku rental di belakang TBTH harganya 30k udah satu set, snorkel kacamata fins sama life vest jugaa. Kalo si Danskuy dia emang bawa sendiri. Btw pada akhirnya ga berani nyebrang pulau karena kita.... kelaparan dan kepanasan. Kombo paling ngeselin ya. Udah tu jam 3 an kita makan di angkringan terus balik hostel. Niatnya pengen sunsetan cuman udah terlalu capek, exhausted banget.

Ngobrol lagi sama anak-anak lain yang baru pada balik diving, ada satu mas-mas nanyain aku asli mana, rumahku dimana dll. Kan agak creepy ya..... tapi akhirnya aku bilang aja. Surprisingly masnya itu adalah sodaraku dari keluarga jauh bapak.... dan dia yang punya TBTH 😂😂😂 Aku baru tau dia sodaraku hahaha parah ga sih. Eh malah digratisin kamar hahahahahahaha kamar yang private, gak boleh bayar. Aku udah maksaaa sumprit aku bukan orang yang ngemis kalo temenku jualan, malah aku beli. Walaupun ini sodara, business still business.

Namanya mas Lupa, paling kiri

Alhamdulillaaah rejeki anak sholeh 🙌🙌🙌🙌 yeaaay aku pindah kamar yang private. Review menyusul yah, harap bersabar haha. Malamnya, aku sama anak-anak makan di alun-alun, mereka seneng banget dong karena seafood berlimpah dan muuuuraahhh pol (dibandingin negaranya). Ya di sana mereka seporsi dua porsi doang bisa 500 rb kali kalo dikursin Euro. 

Kita makan berenam totalnya cuma 180k, porsi kuli ini.

Sorenya, aku sama Danski beli nasi bungkus di Bu Esther terus dimakan di dermaga keberangkatan kapal ekspres dan kapal penumpang. We enjoyed our sunset here!

 

Day 3: Saturday, 16 November 2019 

Hari ini kami bakalan snorkeling seharian penuuh! Ngikutin paket snorkeling dari TBTH, seharian cuma 200rb, udah termasuk 3 spot selam, full gear, 1 BBQ lunch, 2 pulau dan sunset di kapal. I told you pas hari pertama ketemu bule-bule dari UK, kan bener ketemu lagi. Jadi sistemnya open trip, siapa aja yang mau ikut yaudah nanti gabung aja. Kami berangkat jam 08.30 dari dermaga penumpang. Wajib pake life vest kalo nggak ntar distop polisi air.

                                Pulau Cemara Kecil                                   Menu BBQ, udah dibakarin mas Adam

                                   Pulau Cemara Kecil                                            Pulau Permukaan Bulan

Buat video lengkap waktu snorkeling, bisa dicek di IGTV ku ya @krimipasta hehe #promosi. Sunset di kapal, lalu balik ke TBTH lagi. Nah ini, kamar di TBTH penuh semua karena weekend jadi aku pindah ke The Coconut House. Lokasinya cuma 200 m dari TBTH, pemiliknya sama si mas Lupa jugaa. Tetep gratis huhu baik banget gasiiih. Review The Coconut House menyusul oke gaaes.


Kecapekan, aku pulang langsung mandi. Niatnya pengen tidur tapi nunggu makan malem dulu. Nyobain bakmi di sebelah TBTH persisss. Jual bakmi, ketupat, nasi goreng, mi goreng, apa lagi yak lupa. Begitu pulang, langsung tanpa babibu tidur. Kamarnya sempit cuma muat kasur doang dan ada kipas anginnya yang bantu ngusir panas. 

Oiya baru inget bajuku basah, terpaksa laundry yang 6 jam jadi. Sekilonya 20rb di deket pelabuhan. Aku terlalu males nyuci baju waktu pulang ke kos, jadi yaudah sekalian aja biar pulang bawa baju kering bersih wangi. 

Day 4: Sunday, 17 November 2019

Paginya kami dapet sarapan pancake apel dari TCH, lumayan buat ngisi perut sebelum naik kapal. Mau mandi, eh airnya di TCH abis coba yaudah kita numpang di TBTH-_- maklum ya pinggir laut, air bersih agak sulit. Aku pinjem motornya mas Pedro buat ke pelabuhan, lah terus motornya piye jareku. Ditinggal aja di pelabuhan, kuncinya ditaruh dasbor, nanti biar diambil mas Roman.
...
...
Speechless. Karimun emang seaman itu jadi buat kalian yg mau solo travel amannnn, jangan takut guys di sini orangnya ramah-ramah kok, dan yang penting pake Bahasa Jawa hahaha.

Naik kapal lagi selama 5 jam, bareng Danski, Kiara, Luca dan Indah. Sagit Kayla dkk udah pulang duluan pas hari Sabtu jadi kami berlima doang. Pulangnya, aku males ngebis lama banget huhu akhirnya naik travel ke Semarang. Harganya 75k, rada mahal tapi yaudahlah drpd ribet. Sesampainya di Semarang, aku minta diturunin di Terminal Terboyo yang bukan terminal ini wkwk. Cari bis tujuan Solo, dapet deh Safari Dharma Raya, alhamdulillaah yang AC rada ademan. Sekitar magrib aku dah sampai Tirtonadi, dijemput my boyfie tercinta. 

Buat total biayanya, sekitar 1 jutaan udah semua akomodasi, hotel (kalo dihitung), makan, snorkeling dll. Lupa aku detailnya wkwk maap ya intinya segituan.

Thank you for all the good memories, Karimunjawa! See you next time💖💖💖

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.