[REVIEW] The Bodhi Tree, Hostel ala Rustic Bohemian di Kepulauan Karimunjawa, Jepara

Juni 10, 2020
Pertama kali lihat The Bodhi Tree Hostel ini waktu searching penginapan di Karimunjawa, lah kok lucu banget modelnya kayak bohemian2, trus ku suka semua detailnya. Tanpa pikir panjang langsung pengen nginep, cuma emang gak booking dulu, lihat sikon di sananya kayak apa. Turns out it's my best decision ever! Memang dasar anak rumahan ya, keluar dikit langsung gumunan hahaha (dikit2 kagum).


Begitu dateng langsung suka sama interior depan hotel yg ada kapal kayu, logo The Bodhi Tree, tembok lettering, dekor meja resepsionis, pintu dan jendela model lawasan, tegel kunci, bean bag, bantal2 rajutan, macrame, mural di dinding, tumpukan bir buat tembok, semuanyaaa huhuhu suka banget banget. Hari pertama nginep di kamar dormitory, sekamar isi 8 orang campur cewek-cowok, per kasurnya 90-100k (depends on the season).


 

 

Bagian depan hotel. Source: Agoda.com

Seperti jargonnya mereka, "Your new home in Karimunjawa, where your heart will always looking for." Aku langsung merasa homey, nyaman banget yaa dan orang-orangnya ramah pula. Nggak rasis, yaudah perlakuannya sama antara turis lokal dan internasional.


1. KAMAR DORMITORY

Apakah aku takut tidur sekamar bareng orang gak kenal? Ya pertamanya iyaaa, tapi as usual my curiosity is bigger than my fear so.. It's totally fine. Seperti apa rasanya? Deg-degan kayak malam pertama💘 ga deng HAHA rasanya biasa aja, yaudah tidur tidur aja, aku dapet kasur di atas juga sih jadi lebih aman. Kasurnya nyaman, empuk, lebar lagi sekitar 90 cm. Takut glundung ga? Ada pagarnya di kasur, aku boboknya juga ga brutal wkwk aman gaes.

Gimana buat personal belongings? Oke jadi begitu check in, kita dikasih kunci gembok, handuk dan satu kain selimut. Ada loker berjejer di depan pintu. Kalo buat tas ransel aku taruh bawah aja sih, yang penting bawa tas kecil buat nyimpen dompet, handphone, charger, dll. Karena aku di kasur atas ya, jadi hp charger aku bawa aja. 

lampu tidur

Kamarnya AC, kalo malem lampunya dimatiin huhu aku takut gempa, takut bobok di tempat yg belum pernah aku datengin :(( aku juga ga bisa nyalain lampu tidur, takut sinarnya ganggu orang lainn. Jadi aku menelan rasa takutku dan yaudah akhirnya tidur juga walaupun deg-degan. Di samping lampu ada colokan dan saklar, jangan lupa bawa T sendiri ya kalo barang elektronikmu banyak. And please take care of your belongings carefully.


 

Ada dua kamar mandi, di dalem & luar. Standar sih, shower hot & cold, kloset duduk, wastafel, ada sabun buat sharing bersama. FYI kamar mandi luarnya gak dikasih kaca gaes. Diganti gambar monyet "YOU ARE AWESOME". Kayaknya biar ga lama-lama di kamar mandi ya, ditunggu yang lain 😂😂

 

Gak boleh sex in the dorm ya gaes, ini bukan setting film Fakehostel anjir kok aku tau sih wkwkwk kayanya mungkin ada yang udah pernah enaena di dalem kamar, sampek diprint lho 😂😂 ngakak pol hahahaha



Oh iyaaa, jadi setiap nginep kita wajib deposit uang 100 ribuu, buat nahan barang-barang tadi (selimut, kunci, handuk) dan setiap kehilangan wajib ganti sesuai nominal barangnya. Bisa dikurangin dari deposit, atau kalo ilang semua barangnya harus nambah. Misal kehilangan kunci gembok, ngeganti 30k. Handuk 50k dan selimut 60k kayaknya lupaaa. Kalo barangnya utuh semua, uang 100k dibalikin. 

FASILITAS
Kasur buat 1 orang, AC, 2 sharing bathroom di dalam & luar (shower + kloset duduk), handuk, selimut, loker + kunci. Gratis kopi, teh, air mineral sepuasnya. Oyaa gratis lotion nyamuk, tau sendiri nyamuk di pantai ganas semua.

HARGA
90-100k/malam
Deposit 100k
Check in 13.00, check out 10.00 

Buat yang mungkin mau pindah hotel atau mau snorkeling seharian, bisa kok nitip barang di resepsionisnya, nanti sorenya bisa diambil gitu. Sanss pokoknya as long as you're respecting the others then people will also respecting youu.

2. KAMAR PRIVATE

Buat kamar yang private ini seperti hotel standar pada umumnya. Akuu tuh suka banget sama semua detailnya, besok kalo punya kamar mau yang modelan rustic bohemian lucu gini pokoknya!!!!

 




Kamar mandinya ada yang di luar, bisa liat langit langsung dan ada yang tertutup atap. Lucuuu abisss. Buat yang kamar private, include sarapan yah so don't worry.


Sarapannya dah disiapin sih menunya, bukan prasmanan gitu. Setiap hari beda, kadang smoothies bowl, kadang scrambled egg with veggies, ada pancake buah juga. Nanti menunya ditulis di blackboard yg dipajang di dapur.




Kalo menurutku air di kamar private ini kurang deres, gak sederes yang di sharing bathroom, jadi kayak kurang greget aja gitu mandinya wkwkwk.

FASILITAS
Kasur kapasitas 2 atau 3 orang, AC, gantungan baju, meja rias, kamar mandi pribadi, shower panas dingin + kloset duduk, stop kontak, handuk, jemuran, lampu tidur, sarapan

HARGA
350.000 for 2 person
450.000 for 3 person


Gemboknya geda banget, susah dibuka wkwkw aku sama Danski panik kirain rusak





Favoritku adalah ruang bersama, buat solo traveler nyenengin banget karena kita bisa ketemu orang dari berbagai negara, cerita-cerita banyak hal hehehehe jadi ga ngerasa sendirian banget. Kuncinya adalah jangan takut joinan gaes, asikin ajaaa. Kita ke sini kan mau cari ilmu dan pengalaman baru, termasuk temen juga.

Begitu malam, biasanya orang-orang pada ngumpul di sini buat ngebir, ngobrol, ketemu banyak orang. Kebanyakan bule-bule sih yaa. Jual bir juga di sini, sebotol sekitar 50k sekian (lupa). Di lantai duanya bagus bangeeet banyak beanbag, ayunan gituu sama bantal lucu2 ku ga ngerti lagi sama Mas Lupa si ownernya kok bisa dapet ilham bikin tempat lucu gini gimana ceritanya????

+++ KELEBIHAN
1. Lokasi strategis, di tengah kota, deket bank, alun-alun, pelabuhan, warung makan, toko oleh2. Cuma 1,1 km dari Pelabuhan Karimunjawa, jalan sekitar 15 menit. Mau cari apa-apa deket, yang jelas gak cari Indoagustus ya.
2. Dekor oke banget sampe detail-detailnya, jujur aku lebih suka yang rustic bohemian begini daripada yang mewah modern minimalis, tempat ini nginspirasi aku bikin jadi ada ide-ide baruuu hahaha
3. Bisa sewa motor per 6 jam atau 24 jam. Biaya per 6 jam = 50k, per 24 jam = 75k. Setauku rental motor lain nggak ada sih yang bisa setengah hari, pasti selalu 24 jam. Padahal kan paling pergi cuma jam 6 pagi-6 sore, ga bisa juga tetepan.
4. Ada trip snorkeling, diving, traditional fishing trip, yang bisa diarrange sendiri pastinya sesuai sama jumlah orang yang mau ikut. Untuk harganya bervariasi, start from 200k.
5. Kamarnya bersih semua, aku suka yang private kamar mandi luar hahaa lucuuu
6. Cinta Bumi, pake sedotan bambu & stainless (small dets!)

---- KEKURANGAN
1. Saluran air kecil dan cepet abis. Mungkin karena air payau yang sumbernya sedikit, udah dipasangin 4 pompa air kata masnya tapi tetep aja abis muluu. Apalagi buat 5 kamar mandi yang konsumsi airnya lumayan banyak.
2. A bit pricey if I may say, karena memang target marketnya bule-bule internasional, jadi memang harganya agak lumayan buat orang lokal. Tapi nggak mencekik sih, buat bule pun masih reasonable lah yaaa.
3. Ranjang di dormitory room cuman sedikit, sering sold out waktu weekend dan ga ada kamar lain yg available kecuali yang privat. 

Kalo kalian tertarik nginep di sini, bisa langsung cek ke Instagramnya @thebodhitreehostel atau bisa ke BOOKING.COM aja ya, here's the link!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.