Traveling Sendirian dari Jogja - Karimunjawa 5D 4N Part 1 [SOLO BACKPACKER]

Tahun baru 2016, aku dan temen-temen sepakat liburan ke Jepara & Karimunjawa. Kita nggak nginap di hotel manapun, tapi ngecamp di pinggir pantai selama 3 hari udah kayak film terdampar di pulau antah berantah :) Nah tapi kebetulan kita nggak akan cerita tentang camping, tapi cerita traveling sendirian ke Karimunjawa. 

Salah satu pantai di Karimunjawa

Rencana ke sini sebenernya udah dari kapan tau belum kesampaian. Akhirnya bulan Februari 2019 kemaren setelah impulsif lagi liburan kuliah, tanpa pikir panjang aku berangkat sendiri aja deh. Aku di sini 5 hari 4 malem, karena udah pernah juga jadi okelah tinggal browsing penginapan dan destinasi, gaaaasss!!!

Nanya ke temen-temen yang asli Jepara, katanya mending naik travel aja ke sananya biar cepet. Oke deh, akhirnya naik DAYTRANS yang ada di depan Plengkung Gading Jogja, gerbang masuk Alun-alun Utara itu loh. Setelah pesen siangnya, malem aku berangkat diantar Mamak tercinta, bayar deh di kasir. Bisa sih transfer tapi dulu buatku cash is king guyssss hahahaa.

Daytrans, melayani banyak rute perjalanan.
Source https://www.travelxtrans.com/2017/11/day-trans-jogja.html

Berapa biaya travel? Pool Jogja-Pool Jepara 130k, nambah 15k dah sampe Pelabuhan Kartini, Jepara. Jam berangkat travel macem-macem, paling malem jam 23.00 yaudah berangkat tuh tanpa telat semenitpun karena travel juga dah penuh. Aku gatau lewat jalur Magelang atau Solo, aku langsung tidur hahahaa bangun-bangun ban travelnya mbledhos di pintu keluar tol Semarang, entah kenapa. Perjalanan harusnya cuma 4 jam jadi 6 jam. Sampe pelabuhan jam 05.00, bagus banget yeay ga perlu menggelandang di kursi2 buat nunggu loket buka. Jam 05.30 loketnya buka, kita semua dah ngantri. Biaya tiket penumpang ekonomi 76.000, kapal ferry Siginjai yang bakal ditempuh selama 5 jam. Jamnya cuma satu ya guys, berangkat dari Jepara jam 07.00 - 12.00.

DAY 1: Friday 22 February 2019

Lima jam di kapal.... gila bosen banget sih. Tiduuuuur, banguun. Tiduuur, bangun lagi nggak sampe2 huhuhuhu gabisa mainan hp karena gaada sinyal. Mau baca buku, ngantuk. Mau tidur lagi bosen. Mau makan, kenyang laaah banyak mauuu ni orang.

Pelabuhan Karimunjawa

Oke karena sebelumnya udah booking hotel via booking.com (bukan endorse), nemu cottage lucuuu banget namanya New Cottage Asri Hotel. Dia hotel di pinggir laut persis, jadi viewnya langsung ke pulau-pulau yang ada di sekitaran pulau besar Karimun. Bisa request mau kamar yang ngadep ke arah mana. Review detail hotelnya besok ada di postingan lain ya oke haha. Nginep cuma semalem krn mahal guizz I didn't bring a lot of money :( semalamnya 275k, harga bervariasi tergantung high season atau low season.

Wisma Apung di New Asri Cottage
Hotel Karimunjawa

Begitu kapal mendarat, aku niatnya mau jalan kaki ke hotel LAH KOK JAUH BANGET DI NGGUNUNG HAHHHHH ternyata jaraknya 5 km, terpaksa sewa motor deh. Tau gitu minta jemput bapaknya penginapan. Yaudah tu dari dermaga jalan kaki sekitar 1 km ke tempat persewaan motor, seharinya 75k/24 jam, aku langsung 3 hari yauda dikasi ibuknya 180k. 

 
Naik-naik ke puncak gunung, kiri kanan ku lihat hutan, banyak pohon mangrove :)))) Otw banter, dah sampe adanya bule-bule Jerman yauda ngobrol, kenalan sama Mathias, Constantine dan pacarnya, mba Titi yang udah di cottage selama 2 minggu. Ternyata mereka ga bisa bahasa engres, aku pusing ngobrol pake google translate haaah.

Tapi Mathias baik aku dikasih tethering, sinyal 3 busuk gaes, pastikan kalian pake Telkomsel/XL/M3 yang jaringannya oke. Sorenya ke Laendra Sunset Beach di timur pulau. Lumayan jauh, dari hotel mungkin sekitar 17 km yang ditempuh selama setengah jam. Lewat bandara, jauh banget  mana jalannya jelek, tanahnya masih merah berbatu-batu, lewat rumah penduduk yang dadah-dadah, "HALO MISTER, AYO MAMPIR MISTER".

DAY 2: Saturday, 23 Feb

Paginya, aku snorkeling sendirian di pantai Tanjung Gelam. FYI tahun 2016 aku udah pernah snorkeling di sini jadi amannn hehe udah tau jalan masuknya juga. Gak ada orang sama sekali, bener2 kayak pantai pribadi. Pantai ini emang terkenalnya buat sunset, jadi ada kehidupan cuma siang-sore itu pun waktu weekend. 

Bawa perlengkapan sendiri

Begitu mau checkout, eh ada rombongan dari Jakarta berlima yang mau snorkeling di pulau Menjangan Besar, tanpa pikir panjang aku ikutan deh, bodoamat ya sok-sokan join hahaha. Bayar 100 ribu buat setengah hari, snorkeling 1 spot, sunset di pantai dan gear lengkap (google, snorkel, fins, life vest). Berangkat jam 2, sampe pulau jam 3 snorkeling sekitar 1,5 jam, lanjut ke pantai Tanjung Gelam. Yeay ke sini lagi deh. Dah puas nikmatin sunset, naik kapal, pulang ke hotel.

Lanjut turun ke kota, pindah ke The Bodhi Tree Hostel. Ini pertama kalinya ku nginep di bunk bed semacam asrama gitu bareng orang-orang lainnya, sekamar isi 8 orang, campur cowok-cewek. Agak creepy ya sebenernya tapi demi pengalaman kenapa enggak haha. Ngobrol-ngobrol tuh sama orang dari berbagai negara entah mana aja lupa. Seruu pokoknya terus kenalan juga sama para resepsionisnya, mereka berhasil bikin vibes kayak keluarga sendiri jadi enak. Oh ya buat hostel ini aku langsung dateng, ga reservasi dulu di booking.com karena gak ada sinyal :)))) 

Buat kasur tingkat, semalamnya harga 80-100k (tergantung season), aku kepasan dapet 90k. Kasurku di atas, btw sempet takut kalo aku capek suka tidurnya rusuh jadi ganggu yg di bawah. Eh ternyata dia ga kerasa apa-apa haahahahah baguslaaah. Niatnya sehari doang, extend jadi 2 hari karena temennya pada seru bangeet! Ketemu banyak solo traveler, jangan dikira mereka tau mau ngapain, malah kayak clueless banget gatau kemana arah hidup wkwk chill sansss.

Dorm di The Bodhi Tree Hostel

DAY 3: Sunday, 24 Feb

Sarapan sarapaaan! Aku pilih paket tanpa sarapan, jadi bayar sendiri buat Dragonfruit Pancake seharga 25k. Later, I know this such a wrong decision. Mau snorkeling tuh harusnya makan karbo + protein, lah ini cuma ngemil doang :( pergi snorkeling ke Pantai Batu Putih bareng bapak-bapak dari Itali namanya Ugo, umurnya sekitaran 55-60 tahun tapi hobinya snorkeling! Keren banget huhu masih kuat gitu renang jarak jauh. Dah tu, kita muter2 nyari pantai yang bagus dimana. Daerah timur pokoknya.

Pulang dari snorkeling, gabut aja di hotel ngobrol sama orang2, dan malemnya makan di alun-alun Karimunjawa. Oh ya The Bodhi Tree ini strategis ya, depannya ada Bank BRI, sebelahan sama alun-alun, tinggal jalan 100 m. Di alun-alun tuh semacam pasar ikan, banyak banget jenis ikan yang dijual, ada udang, cumi, kerang, bisa minta dimasakin + pake nasi makan di tempat. Terus aku beli ikan kakap putih buat sarapan besok paginya yeaaay..

Day 4: Monday, 25 Feb
Kapok aku makan cemilan doang. Akhirnya bikin nasi goreng di dapurnya hostel (((numpang))) local pride guys kan dah kenal sama mas mbaknya jadi boleh hahhahahhahaa

Check out dari TBTH, pindah ke Asia Jaya Homestay. Ini sekamar luas banget bisa buat 4-6 orang kali. Kalo mau paket hemat mendingan homestay aja, apalagi buat yang barengan sama temen2. Kalo aku sih di homestay malah gak ada temennya, ngapain. Sini cari pengalaman ketemu orang baru wkwk. Dapet harga semalam 80k, KM dalam tidur luar. EH SALAH kebalik heuheu. Homestaynya agak horor dan aku nginep sendirian di rumah segeda ituuuu😢😢 

Snorkeling di Pantai Pokemon, Pulau Kemujan

Lanjut tuh setelah pindahan, otw ke Pantai Pokemon, snorkeling sendirian. BTW aku gatau destinasi ya, gak ada planning. Clueless aku tuh hahaha tanya-tanya aja sama orang sekitar mana pantai yang bagus terus liat di map langsung gas.

Pantainya deket banget sama Pulau Cilik, bisa sih renang nyebrang tapi aku ga berani liat laut dalem nan dingin huahaha. Yaudah capek tuh, kacamatanya bocor lagi, udahan snorkelingnya, balik ke homestay. Siangnya gabut, main ke hotel yg pertama (New Asri) eh si Mathias ma Cons lagi nangkep cumi-cumi pake tembakan ikan. Ngobrol bentar, balik hotel tidur deh. Bobo ciang gaaeess.

Spot bagus di sebelah gubuk yang kayak kandang ikan

Malemnya, mau beli ikan di alun-alun, eh ketemu anak TBTH. Yaudah tu beli ikan mentah, trus otw pantai deket pelabuhan. Nikmatin malem terakhir karena semuanya mau pulang. Ada Aukiya, Pieter, Teddy, Endi, Mas Pedro, Ali, Mas Dwi dan Mas Adam. Bakarnya canggih pake sabut kelapa ditumbuk-tumpuk, terus tongkat kayu dipalangin di tengahnya. Gak pake minyak sama sekali. Bakarnya pake tangan langsung doong, debusss! 😂😂

Pulang dianter Pieter yg mabuk, untung dia masih bisa nyetir motor ya masak aku yang nyetir, gapapa sih cuma badannya doi 2x badanku kayak......... awkward wkwkwkwkwkwk untung aku pulang dengan selamat. Semalam di homestay ini sendirian takuuut huhu tp ya gimana lagi.

DAY 5: Tuesday, 26 Feb

Bangun jam 5, langsung siap-siap ke pelabuhan buat beli tiketnya. Karena ga punya motor yaudah jalan kaki aja. Beli sarapan di ibuk-ibuk nasi di warung pelabuhan, nyesel ga beli banyak buat bule temen2 baru aku yg ga pada sarapan kasian banget pada laper wkwk. Berangkat tuh jam 7.... Bye Karimun. Thanks for the memories!

WOOOPSSS belum selesai gaes. Aku masih harus sampek ke Jogja. Niatnya kan semobil tuh sama mereka-mereka ini, eh mereka taunya udah pesen Grab... padahal pelabuhan zona merah aku lupa bilang. Mereka berlima gedee gedee banget, udah gitu bawa carrier bag 100 literan, bapak grabnya marah-marah wakakkakaka yaiyalah berat banget loh overload sampek Semarang.


Karena mobilnya dah penuuh, aku ngebis aja. Ketemu temenku orang Jepara, dianterin deh sampe terminal haha thanks Idham! Terminalnya kiciil banget, ada beberapa pedagang di kios2 tapi gak ada bisnya._. Cuma ada satu tujuan Semarang dan itu kloter terakhir. Yaudah aku langsung naik, ngeeeng 4 jam (normalnya 2 jam) supeeer lamaaa kudu berenti2 dan naikin penumpang. Maklum ya bis kecil. Turun Terminal Terboyo, aku kira itu terminal beneran ternyata pertigaan asemmm. Cari bis jurusan Semarang-Jogja gak ada, yaudah Semarang-Solo naik Safari Dharma Raya yang warnanya ijo. Setelah 3 jam perjalanan, turun di Terminal Tirtonadi Solo. Nyambung lagi bis ke Jogja naik bis EKA eksekutif yang biasanya selalu aku naikin. 

Berapa biayanya? Jepara-Smg 30k, Smg-Solo 35k, Solo-YK 15k. Totalnya 80k. Dari Terminal Giwangan, naik Gojek ke rumah 15k. 

TOTAL KESELURUHAN: lupa pasnya guys. Pokoknya sekitar 1,700k udah sekalian nyewa Yi Cam underwater, sewa snorkel, hotel, makan, akomodasi, dll selama 5D 4N. Agak boros ga sih menurutku buat backpacker hahaha bisa dihemat lagi cuman kayak yaudah aja buat pengalaman inii.

Sekiaan tulisan traveling kali ini, thankyou for reading and see you on my next post!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.